Ini 6 Manfaat Vaksin Influenza untuk Mencegah Flu

manfaat vaksin influenza

Ada banyak manfaat vaksin influenza, salah satunya melindungi kita dari berbagai virus influenza atau flu yang terus bermutasi. 

Walaupun flu bisa sembuh dengan sendirinya, namun vaksin ini tetap diperlukan, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. Sebab, mereka sangat rentan terkena flu.

Dalam kondisi tertentu, serangan flu berat bisa mengakibatkan komplikasi untuk beberapa orang dengan penyakit bawaan kronis dan masalah imunitas seperti HIV/AIDS.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja manfaat vaksinasi flu, artikel ini akan mengupas secara mendalam mengenai pentingnya vaksin influenza, manfaatnya bagi kesehatan. 

Manfaat Vaksin Influenza

Vaksin influenza, juga dikenal sebagai “suntikan flu,” mengandung fragmen virus yang dilemahkan atau mati. Meskipun tidak memberikan infeksi aktif, vaksin ini merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi. 

Antibodi ini akan melindungi tubuh Anda dari jenis-jenis virus influenza yang paling umum menyebar selama musim flu.

Setidaknya ada enam manfaat vaksin influenza bagi diri sendiri dan orang lain. Berikut penjelasannya.

1. Mencegah Virus Influenza

Flu, atau influenza, adalah penyakit pernapasan yang sangat mudah menular. Setiap tahun, jutaan orang di seluruh dunia terinfeksi virus ini. Penyakit ini menyebar melalui udara saat seseorang yang terinfeksi bersin atau batuk, serta melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi virus.

Salah satu manfaat utama dari vaksin influenza adalah mengurangi risiko Anda terinfeksi virus flu yang berbahaya. 

Dengan mendapatkan vaksin, sistem kekebalan tubuh Anda akan dilatih untuk mengenali dan melawan virus influenza, sehingga mengurangi kemungkinan Anda jatuh sakit.

2. Mengurangi Keparahan Gejala Flu

Meskipun vaksin influenza tidak sepenuhnya mencegah infeksi, namun vaksin ini dapat mengurangi keparahan gejala jika Anda tetap terinfeksi setelah divaksinasi. 

Gejala flu dapat termasuk demam, batuk, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, dan kelelahan. 

Dengan vaksinasi, gejala yang Anda alami biasanya akan lebih ringan dan lebih singkat. Misalnya, Anda mungkin hanya mengalami gejala seperti pilek ringan dan sedikit kelelahan daripada demam tinggi dan sakit kepala parah. 

Nah, hal tersebut memungkinkan Anda untuk tetap beraktivitas dan mengurangi waktu istirahat yang dibutuhkan untuk pulih.

3. Mencegah Terjadinya Komplikasi Pada Penyakit Lain

Flu yang berat bisa menyebabkan komplikasi serius, terutama pada orang dengan kondisi medis tertentu. Misalnya, flu dapat memperburuk kondisi seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung. 

Selain itu, flu juga dapat menyebabkan infeksi bakteri sekunder seperti pneumonia. 

Dengan mendapatkan vaksin influenza, Anda dapat mengurangi risiko komplikasi ini. Vaksinasi membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat, sehingga dapat melawan infeksi lain dengan lebih efektif.

4. Mencegah Ibu Hamil Terkena Flu

Wanita hamil sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin influenza karena mereka lebih rentan terhadap komplikasi serius akibat flu. 

Apalagi saat hamil, seorang wanita tidak diperkenankan meminum banyak obat yang dapat mempengaruhi janin. 

Dengan vaksinasi, ibu hamil dapat terhindar dari flu tanpa harus khawatir tentang efek samping obat-obatan pada janin. 

Selain itu, vaksinasi flu selama kehamilan juga dapat memberikan perlindungan kepada bayi setelah lahir, karena antibodi yang dihasilkan oleh ibu dapat ditransfer ke bayi melalui plasenta.

5. Mencegah Flu pada Anak dan Lansia

Anak-anak kecil dan orang tua adalah kelompok rentan yang lebih mungkin mengalami komplikasi serius akibat flu. Vaksin influenza membantu melindungi mereka dengan menciptakan kekebalan kelompok yang dapat mencegah penyebaran penyakit. 

Bahkan, WHO menyebut sebanyak 75% nyawa anak selamat dari bahaya virus influenza dengan vaksinasi. Anak-anak kecil, terutama mereka yang berusia di bawah 5 tahun, dan orang tua yang berusia di atas 65 tahun sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin influenza setiap tahun.

6. Melindungi Orang Sekitar Dari Terjangkit Virus Flu

Virus influenza mudah menyebar melalui percikan air liur dan kontak dekat. Orang dengan virus tersebut bahkan bisa menulari puluhan orang di sekitarnya saat bersin. 

Cairan hidung ketika flu membawa banyak virus influenza, dan menyebar secara aerosol ketika bersin terjadi. Beberapa orang di sekitar kita mungkin tidak bisa mendapat vaksin influenza karena alergi atau memiliki kondisi tertentu. 

Dengan memvaksinasi diri, Anda membantu melindungi mereka karena Anda tidak mudah menjadi penyebar virus. Dengan divaksinasi, Anda membantu memutus rantai penyebaran virus dan melindungi komunitas di sekitar Anda.

Pentingnya Vaksinasi dalam Upaya Pencegahan Flu

Pentingnya vaksinasi influenza tidak dapat diremehkan dalam upaya pencegahan flu. Apalagi flu dapat mengakibatkan absensi yang signifikan dari pekerjaan dan sekolah. 

Dengan mendapatkan vaksin, Anda dapat membantu menjaga produktivitas di tempat kerja dan lingkungan belajar.

Di banyak negara, musim flu dapat menyebabkan lonjakan kasus yang memaksa rumah sakit dan fasilitas medis beroperasi di luar kapasitas normal. Vaksinasi massal membantu menurunkan insiden penyakit secara keseluruhan, sehingga mengurangi beban pada sistem kesehatan. 

Artinya, vaksin flu penting untuk anak-anak, dewasa, maupun lansia. Dengan memperluas cakupan vaksinasi, kita dapat mencegah penyebaran virus influenza lebih luas dan melindungi populasi yang lebih besar.

Semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin sulit bagi virus untuk menyebar dalam populasi. Secara tak langsung, vaksinasi melindungi individu yang tidak dapat divaksinasi, seperti mereka yang memiliki alergi atau kondisi medis tertentu. 

Dengan memahami pentingnya vaksin influenza dan manfaatnya bagi kesehatan, kita dapat berperan aktif dalam melindungi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat dari dampak negatif flu. 

Vaksinasi bukan hanya tentang perlindungan individu, tetapi juga tentang tanggung jawab kolektif untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi semua orang.

Dapatkan vaksin influenza di Dokterhub, baik untuk diri maupun keluarga. Dokterhub juga menyediakan layanan konsultasi dokter secara gratis, sehingga kamu dapat mengajukan pertanyaan, berbagi keluhan, dan mendapatkan nasihat medis tanpa biaya tambahan.

Ingatlah bahwa vaksin influenza adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan Anda dan masyarakat secara keseluruhan.  

Referensi

World Health Organization (WHO). “Vaccine effectiveness estimates for seasonal influenza vaccines.” Weekly Epidemiological Record, No. 19, 2019, 94, 206-221.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). “Key Facts About Seasonal Flu Vaccine.”  

National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID). “Influenza (Flu).”  

CDC (2024). CDC Study Points to Potential Benefits of Newer Flu Vaccines.

National Health Service (2024). Flu Vaccine. 

Scroll to Top
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Marketing consent